0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Uji Coba Selter Darurat, Ini Tanggapan Warga Wonogiri

Uji coba selter darurat di Jl Pemuda Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hari pertama uji coba selter darurat diwarnai keluh kesah. Dimana sejumlah penumpang bus dan kru bus mengeluh. Namun demikian ada yang mendukung langkah yang diambil Pemkab Wonogiri tersebut.

“Jadi jauh, Mas, semisal seperti ini dari swalayan Baru atau dari Pasar Wonogiri tak perlu naik angkot, cukup jalan kaki sampai halte bus, terus sekarang harus naik Angkot,” papar Dwi, warga Kecamatan Tirtomoyo saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/1).

Sebelum ada kebijakan baru, kata ibu satu anak ini, penumpang takperlu jalan kaki jauh untuk menunggu bus AKDP atau pun Angkudes. Belum lagi, kondisi halte atau ruang tunggu yang saat ini disediakan pemerintah sangatlah minim.

“Tempat untuk menunggu bus panas,belum lagi kalau hujan saya yakin kondisi selter ini akan becek,biarpun sudah dipadatkan menggunakan stomwalls,” katanya.

Sementara itu, Suprio, warga Wonogiri mengatakan,dengan dipindahnya halte bus tersebut perlu diimbangi langkah tegas. Perlu dilakukan penertiban sekaligus pengarahan agar sehingga kru bus atau pun penumpang sadar diri.

“Kalau pohon- pohon diselatan halte lama (selatan kantor ATR/BPN) tidak ditebang,para penumpang itu kemungkinan masih menggunakan tempat itu,tapi lain ceritanya kalau pohon-pohon yang rindang itu dipangkas saya yakin penumpang akan bergeser menuju selter darurat tersebut tanpa ada paksaan,” bebernya.

Terpisah, sopir bus AKDP Jaya Guna, Wardoyo mengatakan, perpindahan tempat mangkal dari lokasi lama di selatan kantor ATR/BPN ke selter darurat sempat membuat dirinya berpikir dua kali. Pasalnya, tidak mudah merubah kebiasaan penumpang yang sudah puluhan tahun terbiasa ditempat tersebut. Beda lagi, jika ada petugas yang standby dan menggiring penumpang untuk menunggu bus di selter darurat tersebut.

” Ya,kalau ini sudah jadi kebijakan pemerintah mau tidak mau kita ya harus patuhi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge