0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

BPCB Jateng Segera Kaji Tembok Keraton yang Ambruk

Tembok sebelah utara Bangsal Langensari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ambruk dipasangi garis polisi (dok.timlo.net/heru gembul)

Solo — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah segera melakukan kajian terhadap kondisi tembok Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kajian tersebut akan menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Solo dalam menangani sisa tembok yang masih berdiri.

“Sesegera mungkin kita adakan kajian. Dari situ baru kita bisa memutuskan (penanganan tembok yang ambruk),” kata salah satu tim pengkaji dari BPCB Jawa Tengah Wahyu Broto Raharjo saat ditemui di lokasi, Selasa (16/1).

Hingga saat ini, Wahyu mengku belum bisa banyak bicara. Pasalnya, ia hanya ditugasi mendokumentasikan dan mendata taraf kerusakan tembok yang ambruk pada Senin (15/1) malam itu.

“Yang jelas akan kita kembalikan sesuai kondisi semula. Tapi keputusannya nanti setelah kajian selesai,” kata dia.

Seperti diketahui, tembok di sisi barat kediaman Pakubuwana XIII ambruk hingga menutup Jalan Sasana Mulya. Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban karena saat itu jalan sedang lengang. Sesaat setelah kejadian, polisi langsung memasang garis polisi untuk mengamankan lokasi kejadian.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge