0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Paspor Termahal di Dunia Ada di Negara Ini

Ilustrasi paspor (merdeka.com)

Timlo.net—Harga pembuatan paspor di Australia naik tajam. Menurut analisa baru, hal ini membuat paspor di negara itu menjadi yang termahal di dunia. Biaya untuk membuat buku perjalanan 10 tahun itu di Australia sekitar $282 dollar Australia (Rp 2,9 juta). Biayanya naik 41 persen selama 10 tahun terakhir, tulis penelitian yang dilakukan oleh The New Daily.

Pada 2015, paspor di Australia menduduki peringkat termahal kedua setelah Turki, menurut situs travel GoEuro. Biaya paspor di Turki memang naik selama beberapa tahun terakhir ini. Tapi kenaikan biaya pembuatan paspor di Australia mengalahkannya, tulis Indy100.com.

Biaya pembuatan paspor di Turki sekarang sekitar $255 (Rp 2,7 juta).The Australian Federation of Travel Agents (AFTA) berkata kepada The New Daily jika biayanya naik cukup tinggi. Mereka meminta pemerintah mempertimbangkan hal ini.

Seorang juru bicara dari the Departement of Foreign Affairs and Trade di Australia menanggapi hal ini. Dia berkata jika kenaikan biaya itu sesuai dengan kualitas dokumen yang dihasilkan dan standar layanan yang diberikan the Australian Passport Office.

Tahun ini, paspor Australia menduduki peringkat ke-22 untuk perjalanan bebas visa, menurut daftar yang dirilis Henley & Partners minggu ini. Jerman sekarang memiliki paspor paling berkuasa di dunia. Para warganya bisa menjelajahi 177 negara tanpa visa.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge