0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Paslon Tunggal Lawan Kotak Kosong, Ini Sikap KPU

Komisioner KPUD Karanganyar (timlo.net/raymond)

Karanganyar — KPUD Karanganyar perlu bijak menyikapi fenomena paslon bupati wakil bupati tunggal yang akan melawan kotak kosong. Penyelenggara pemilu ini bakal berhati-hati dalam bertindak dan bersikap supaya tak melanggar regulasi.

“Sebenarnya paling penting tunggu dulu penetapan calon. Apakah Juliyatmono-Rober Christanto lolos tes kesehatan. Juga verifikasi dokumen pengusungannya. Baru kemudian kita menyikapi fenomena itu,” kata Ketua KPUD Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan, Senin (15/1).

Secara umum, kotak kosong tidak diatur di aturan KPU. Namun faktanya, masyarakat berhak pilih pemilu bakal dihadapkan pada pilihan paslon atau kotak kosong pada Pilbup Juni 2018 mendatang. Dukungan terhadap bakal paslon Juliyatmono-Rober Christanto dari delapan parpol pengusungnya terus mengalir. Sebaliknya, kampanye memilih kotak kosong juga makin santer di media sosial.

“Pergerakan dukungan bakal paslon dan kotak kosong sudah muncul. Itu tak bisa dipungkiri. Keduanya masih di luar ranah yang diatur KPU. Juga belum masuk pelanggaran karena belum tahapan kampanye,” katanya.

Secara internal, KPUD bakal merancang sosialisasi calon bupati wakil bupati yang paling aman agar tidak dianggap mengarahkan pilihan ke calon tertentu.

“Bahasa kami harus netral. Tidak mengarah ke gambar paslon maupun kotak kosong. Ini yang sedang disusun formatnya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge