0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puing Tembok Keraton Urung Dibersihkan Malam Ini

Tembok sebelah utara Bangsal Langensari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ambruk (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo urung mengevakuasi reruntuhan tembok Keraton Surakarta yang roboh, Senin (15/1) malam. Puing-puing tersebut rencananya akan ditangani Selasa (16/1) besok pagi.

“Besok kita mulai jam 09.00 WIB,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Solo, Dono Tumpo saat ditemui di lokasi.

Penundaan tersebut, kata Dono, dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Baluwarti. Di samping itu, untuk memindahkan puing-puing tembok Keraton tidak mungkin dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Sebab di bagian dalam tembok yang roboh masih ada satu lapis tembok tua yang sudah retak sehingga membahayakan petugas.

“Kita menunggu alat berat dari dinas lain,” kata dia.

Untuk sementara, lingkungan sekitar tembok yang rawan roboh tersebut diamankan dengan memasang garis polisi. Selain itu, warga juga turut mengawasi secara bergiliran di sekitar lokasi. Dono menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menutup Jalan Sasana Mulya selama evakuasi besok pagi.

“Sementara ini masih dibuka. Karena yang tertutup hanya sebagaian badan jalan. Tapi besok akan ditutup total selama kita membersihkan puing-puing ini,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge