0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tanah Ambles, Rumah Mbah Surami Terancam Roboh

Ketua RT 04 Dukuh Pungkruk, Desa Ngepringan, Kecamatan Jenar menunjuk tanah ambles (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Tanah pekarangan milik Surami (65), warga Dukuh Pungkruk RT 04,  Desa Ngepringan, Kecamatan  Jenar, Sragen ambles. Kondisi ini mengakibatkan bagian belakang rumah lantaran hujan deras beberapa waktu lalu. Bahkan mengancam rumah berdinding kayu dan anyaman bambu miliknya. Namun demikian, janda tersebut masih tetap tinggal di rumah walau sudah disarankan untuk pindah.

“Kondisi longsor dan ambles pertambah terus, sekitar dua ratus meter yang ambles dan longsor, sedangkan pemilik rumah sudah saya sarankan untuk mengungsi meninggalkan lokasi. Tapi tidak mau keluar dari pekarangan,“ kata Ketua RT 04 Dukuh Pungkruk, Desa Ngepringan, Sugiyo, Senin (15/1).

Dengan kondisi tersebut, Sugiyo masih terus memantau kondisi tanah dan rumah Surami yang semakin ambles. Dia kawatir karena Surami tinggal sendirian di rumah, sedangkan anaknya sudah berkeluarga dan tinggal di daerah lain. Apalagi kalau hujan deras tanah sekitar longsor dan dikawatirkan rumahnya ikut longsor.

“Kalau anak anak mbah Surami ada yang tinggal di Gontang dan Sragen. Kalau mau ikut, anaknya sendiri masih ngontrak dan cuma bekerja bantu-bantu jualan makanan tetapi hanya buruh,” terang Sugiyo.

Sementara,  saat ditemui, Surami mengaku sudah mendapatkan sejumlah bantuan berupa sembako. Kejadian amblesnya tanah pekarangan miliknya juga sudah dilaporkan pemerintah desa.

Surami baru mengetahui kalau tabah pekarangannya ambles saat dia melihat ada retakan tanah di ruang dapur. Ketika dia ke luar rumah ternyata tanah belakang dan samping rumah ambles sekitar setengah meter dan sebelah timur rumah sudah mengalami longsor.

“Awalnya ini pas saya mau masak habis shubuh itu, kok saya lihat tanah pada retak dan ambles memang malam itu hujan mas  saya sendiri juga tidak mendengar suara longsoran,” papar Surami.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge