0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

ISI Solo Gelar Pameran Pesona Keris Bali

Pameran Pesona Keris Bali di Museum Keris Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Prodi Keris dan Tosan Aji, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar pameran keris dengan tajuk Pesona Keris Bali, di ruang pamer Museum Keris Solo. Sebanyak 12 keris dari berbagai kolektor dihadirkan dalam gelaran yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (15-16/1).

“Keris sangat menarik untuk diperbincangkan melihat terdapat berbagai muatan kultur dalam setiap penciptaannya. Nah keris Bali ini salah satu jenis dari ratusan jenis keris yang ada. Dilihat dari segi visual, Keris Bali jauh lebih panjang dan lebih besar dari keris lainnya,” ucap ketua panitia pameran, Ahmad Fathoni, Senin (15/1).

Mahasiswa semester tujuh tersebut memilih Keris Bali lantaran jarang dipamerkan di Kota Solo. Selain bentuknya yang menarik, Keris Bali juga sangat kental dengan kultur masyarakat, berkaitan dengan sistem kehidupan sosial kemasyarakatan yang masih berjalan selaras dengan aturan adat hingga hari ini.

Dari segi pola garap, Keris Bali juga memiliki proses finishing yang tidak ditentukan dalam penciptaan keris lainnya yang biasa disebut dengan proses sangkaring. Proses ini adalah teknik untuk memancarkan warna asli logam dengan menggosokkan batu halus pada bilah keris hingga bilah berubah perak.

“Kami sengaja bawa gelar karya imi di Museum Keris agar bisa dinikmati oleh banyak orang.” katanya.

Selain pameran, workshop pembuatan keris dan pemutaran film juga menjadi agenda dalam dua hari mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge