0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Anak Berhadapan dengan Hukum Menurun, Ini Kuncinya

Pelaksana Harian Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Solo, Sutomo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Solo mengklaim tindak pidana yang melibatkan anak di bawah umur tahun 2017 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tak lepas dari upaya pendampingan dan sosialisasi yang terus menerus dilakukan terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Dari data yang kami miliki, terjadi penurunan untuk kasus pidana yang melibatkan anak di bawah umur,” terang Pelaksana Harian (PLH) Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Solo, Sutomo saat ditemui wartawan, Senin (15/1) siang.

Berdasar data yang dimiliki, kata Sutomo, tercatat sepanjang tahun 2017 ada sebanyak 200 kasus anak di bawah umur. Sedangkan, tahun 2016 mencapai 222 kasus ABH. Data tersebut merupakan komulatif kasus yang ada di Soloraya.

“Jumlah tertinggi ABH berada di wilayah Kabupaten Klaten. Sisanya, tersebar di seluruh Soloraya,” jelasnya.

Sutomo merinci, kebanyakan kasus yang dihadapi oleh ABH adalah pencurian yang mencapai 60 persen. Sedang sisanya penganiayaan atau pengeroyokan, kecelakaan, persetubuhan dan Narkoba.

Di tahun 2018, lanjutnya, pihaknya akan lebih gencar melakukan pendampingan dan sosialisasi terhadap ABH. Dengan begitu tingkat kasus pidana yang mereka lakukan dapat ditekan.

“Sosialisasi dan pendampingan ini menjadi kunci untuk membentengi ABH yang telah terjerat kasus pidana kembali ke jalan yang salah. Kami berharap upaya yang dilakukan dapat menekan angka ABH yang ada di Kawasan Soloraya,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge