0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Pilkada, Rutan Solo Data Warga Binaan

Rutan Kelas 1 A Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Kota Solo melakukan pendataan warga binaan yang memiliki hak pilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Pendataan yang dilakukan, sesuai dengan anjuran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo.

“Saat ini sedang kita lakukan pendataan warga binaan, supaya hak pilih mereka dapat tersampaikan untuk memilih kepala daerah,” terang Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Solo, Solichin saat hubungi Senin (15/1) siang.

Selain melakukan pendataan, kata Solichin, pihaknya juga akan membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Khusus di Rutan Solo. Selama ini, dalam pembentukan KPPS didampingi petugas dari KPU Solo.

“Kami juga membentuk KPPS Khusus saat penyelenggaraan pemungutan suara nanti,” kata Solichin.

Terkait teknis pendataan yang dilakukan pihak Rutan Solo tersebut, Solichin menjelaskan nantinya warga binaan akan didata terlebih dahulu. Setelah itu akan dilakukan tahap pemutakhiran data dengan menggunakan KTP masing-masing warga binaan.

“Nantinya pihak keluarga akan mengirimkan KTP milik warga binaan yang digunakan untuk pemutakhiran daftar DPT,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Solo Agus Sulistyo mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 1.025 TPS dalam Pilkada 2018 nanti. Tak hanya itu, 10.000 petugas juga akan dikerahkan dalam pesta demokrasi tersebut.

“Sejauh ini DPT yang terdaftar mencapai 424.000 orang. Saat ini terus kita lakukan pendataan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge