0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Upaya Dinas Perdagangan Pertahankan Pasar Tradisional

Pasar Gede, Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Dinas Perdagangan Kota Solo terus mendorong kedatangan pengunjung ke pasar tradisional. Hal ini terkait dengan gempuran perdagangan oleh ritel modern yang demikian gencar.

“Ada banyak yang kita lakukan guna menyemarakkan kembali pasar tradisional. Salah satunya dengan program-progam yang kita lakukan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Senin (15/1).

Dipaparkan, ada empat program yang dilakukan guna menggenjot kedatangan pengunjung pasar tradisional. Salah satunya adalah dengan pembangunan fisik pasar, diharapkan dengan pembangunan fisik yang modern dan bersih masyakarat tidak enggan untuk berbelanja ke pasar tradisional. Selain itu pembangunan SDM dari pedagang juga menjadi fokus dalam program tersebut.

“Kita lakukan pembangunan SDM selain pembangunan pasar secara fisik. Pendampingan dan pelatihan kita lakukan terus menerus. Juga ada diklat yang kita laksanakan bagi pedagang,” kata Subagyo.

Selain itu, Dinas Perdagangan juga membangun kepercayaan masyarakat dengan pelaksanaan e-retribusi, pemasangan papan penunjuk harga, alat pendeteksi keaslian uang, serta timbangan digital.

“Dengan begitu, masyarakat semakin percaya dengan pasar tradisional,”jelasnya.

Yang terakhir, upaya promosi juga dilakukan untuk semakin menyemarakkan pasar tradisional. Promosi ini dibagi menjadi tiga yakni promosi budaya, promosi ekonomi, dan promosi niaga.

“Nah salah satunya pelaksanaan Solo Great Sale nanti adalah promosi niaga. Kalau promosi budaya, seperti grebeg ulang tahun pasar, dan lainnya.” kata Subagyo.

Optimalisasi program ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar tradisional.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge