0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

OrCamEye 2.0, Perangkat Bantu Orang Buta Melihat

OrCam MyEye 2.0. (ubergizmo. )

Timlo.net—Di masa lalu, hanya tersedia pilihan terbatas untuk membantu orang buta melihat. Terutama karena keterbatasan teknologi yang ada. Biasanya orang menggunakan Braille atau petunjuk audio untuk menolong mereka yang terganggu penglihatannya. Akan tetapi teknologi sudah berkembang cukup jauh. Sekarang ada beberapa perangkat yang bisa menolong orang buta melihat dunia di sekitar mereka.

Salah satunya adalah OrCam MyEye 2.0, perangkat berupa kacamata yang melihat apa yang terjadi di sekitar sang pemakai. Kacamata itu lalu menyampaikan informasi kepada sang pemakai supaya dia tahu apa yang terjadi, tulis Ubergizmo. Bagian terbaik dari MyEye 2.0 adalah kacamata ini bisa dipakai sebagian besar pengguna, bahkan mereka yang memakai kacamata. Ada magnet pada perangkat itu yang menolong pengguna menempelkan MyEye 2.0 pada kacamata pengguna.

Saat memakainya, MyEye 2.0 akan bisa menscan permukaan apapun, misalnya buku, menu restoran, tanda papan, layar ponsel, monitor komputer dan lain-lain. Kacamata pintar itu akan menyampaikan informasi kembali kepada pemakainya. Bahkan ada fitur pengenal wajah sehingga kacamata itu bisa memberitahu pemakai siapa yang ada di depan mereka. OrCam MyEye 2.0 bisa belajar mengingat nama dan mengucapkannya kepada sang pemakai.

Salah satu pendiri dan CEO OrCam Ziv Aviram berkata, “Misi kami adalah memberdayakan orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan, buta dan memiliki kesulitan membaca, termasuk dileksia atau mereka yang mengalami lelah membaca, untuk belajar, bekerja dan hidup dengan kemandirian yang tinggi.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge