0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Persiapan Petugas Lapangan KPU Mencoklit Calon Pemilih Pemilu

Stiker ini akan ditempel di rumah calon pemilih pemilu usai petugas mencoklit (timlo.net/raymond)

Karanganyar – KPU Karanganyar siap menerjunkan petugas pencocokan dan penelitian (coklit) calon pemilih pemilu. Mereka akan bergerak 20 Januari-18 Februari 2018.

“KPU Mencoklit akan dimulai 20 Januari-18 Februari 2018. Petuga coklit lapangan akan mendatangi rumah ke rumah berbekal data pemilih pilpres 2014 lalu,” kata Divisi Teknis KPUD Karanganyar, M Maksum kepada Timlo.net, Sabtu (13/1).

Nantinya, petugas akan mendata calon pemilih berusia minimal 17 tahun dan atau yang sudah berkeluarga dengan bukti KTP elektronik. KPU menerjunkan tenaga coklit dari masyarakat yang nantinya bertugas menjadi Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Sedangkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan ditetapkan Maret 2018. Untuk pembanding, DPT pada Pilpres 2014 sebanyak 688.635 orang.

“Perkiraannya 1.751 TPS. Saya kira coklit di wilayah kota akan relatif lancar. Namun kita melihat kondisi geografis mempengaruhi. Coklit di Karanganyar dengan yang di Jenawi tentu kesulitannya berbeda,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, coklit dilakukan oleh KPU penyenggara pemilukada serentak. Tujuannya menyajikan data akurat calon pemilih bupati dan gubernur dengan kondisi riil di masyarakat. Setelah petugas mencoklit, lalu menempel stiker di rumah calon pemilih.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge