0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Ingin Jalur Wisata Museum Sangiran Segera Diperbaiki

Jalur Museum Manusia Purba Sangiran, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen longsor (foto: Agung Widodo)

Sragen – Longsor di sejumlah titik di jalur yang menuju Museum Manusia Purba Sangiran, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen sebenarnya telah lama terjadi. Namun hingga kini belum ada perbaikan dari pemerintah setempat.

“Sudah kami laporkan ke Kecamatan dan DPU tapi sampai sekarang belum ada tanggapan,” papar Kades Bukuran, Dimanto Tohak, Sabtu (13/1/2018).

Dimanto menyampaikan, semua jalur tersebut sangat vital untuk warga karena akses utama menuju kluster Sangiran dan masuk jalur DPU.

Jogoboyo Desa Bukuran, Dalari menambahkan longsor paling parah melanda jalur Bukuran – Sangiran, tepatnya di Dukuh Grogolan RT 17. Pasalnya bahu jalan sepanjang 20 meter di sisi barat sudah amblas dan separuh jalan sudah keropos. Hal itu terjadi akibat hujan deras yang menggerus jalan sepekan silam.

Untuk mencegah keselamatan pengendara, sementara jalur yang amblas dipatok pakai bambu sebagai peringatan agar tidak dilalui. Kerusakan itu sudah dilaporkan ke BPBD, Camat dan DPU. Tim DPU juga sudah mengecek namun belum ada realisasi perbaikan.

“Ini paling parah dan mendesak diperbaiki. Karena ini jalan penghubung dari Kluster Manyarejo-Dayu-Bukuran dan Museum Utama Sangiran,” jelasnya.

Ketua RT 17 Dukuh Grogolan, Desa Bukuran, Sukir mengaku prihatin dengan kondisi jalan utama yang ambrol separuh tersebut. Dia berharap dinas terkait segera bertindak memperbaiki dengan anggaran darurat.

“Apalagi tiap hari banyak mobil dan truk lewat sini. Takutnya begitu dilewati langsung ambles dan bisa jatuh ke jurang di sebelahnya. Warga sangat berharap bisa segera diperbaiki sebelum jatuh korban, ” papar Sukir.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge