0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lima Titik Jalur Wisata Museum Sangiran Longsor

Jalur Museum Manusia Purba Sangiran, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen longsor (foto: Agung Widodo)

Sragen – Sejumlah titik di jalur yang menuju Museum Manusia Purba Sangiran, Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen longsor. Setidaknya ada lima titik di Desa Bukuran terjadi longsor dan ambles sehingga bisa membahayakan warga dan para wisatawan yang hendak berkunjung ke kluster Sangiran.

“Lima titik itu diantaranya di Dukuh Kertosobo, Dukuh Kedungringin dua titik, Dukuh Sendang dan Dukuh Grogolan,” kata Kepala Desa Bukuran, Dimanto Tohak, Sabtu (13/1).

Dari data Pemdes Bukuran, longsor pertama terjadi di jalur Kertosobo yang menghubungkan antar kluster. Jalur pintu pertama dari Plupuh itu longsor sepanjang 20 meter dan terbiarkan sejak empat tahun lalu. Bahu jalan sudah longsor dan sangat rawan dilewati kendaraan roda empat.

Dimanto mengungkapkan, jembatan di Dukuh Kedungringin RT 14, talud di bagian selatan ambrol sudah setahun lalu. Titik longsor juga terjadi di jalur antarkluster RT 13. Bahkan akibat longsor tersebut juga mengancam rumah milik Sukar (50) yang ada di bawah jalan.

Kondisi serupa juga terjadi di jalur Dukuh Sendang RT 15. Di jalur itu sudah retak dan sempat ambrol. Ada sejumlah rumah di bawahnya dalam ancaman yakni rumah Ngatmin dan Mul Rakiman.

“Untuk sementara dua titik itu disangga patok bambu dan kayu dari swadaya. Harapannya segera ditalud, karena kalau nggak, hujan dikit aja jalan bisa ambrol dan menimbun rumah di bawahnya,” terang Dimanto.

foto: Agung Widodo

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge