0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

83 SMP/MTs di Solo Siap Laksanakan UNBK

Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pendidikan (Disdik) Kota Solo mencatat total jumlah sekolah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP tahun 2018 ini mencapai 83. Terjadi peningkatan dibanding tahun 2017 yang hanya 59 sekolah.

“Namun demikian jumlah peserta mengalami penurunan sekitar 300 hingga 400 siswaa. Tahun 2018, jumlah peserta UNBK SMP sekitar 11 ribu siswa,” ungkap Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono saat bertemu wartawan, di Solo, Sabtu (13/1).

Waliyono mengaku Disdik Solo memang menargetkan 100 persen SMp/MTs ikut UNBK. Karena itu 24 sekolah yang belum melaksanakan UNBK sedang dilakukan penataan. ”Mereka diberi pilihan untuk melaksanakan UNBK mandiri atau bergabung dengan sekolah lain,” jelasnya.

Syarat UNBK mandiri, menurut Waliyono, adalah sekolah sudah terakreditasi dan memiliki jumlah peserta ujian minimal 20 siswa. Jika tidak memenuhi ketentuan tersebut maka akan diatur Disdik untuk digabungkan dengan sekolah lain.

Sampai saat ini, menurut Waliyono, ke 24 sekolah tersebut belum fix menyatakan kesanggupannya mengikuti UNBK SMP 2018. Sebab syarat melaksanakan UNBK harus ada permintaan dari sekolah untuk mengajukan diri. Sejauh ini Disdik hanya mengimbau untuk segera mendaftar agar target 100 persen tersebut dapat tercapai.

Sejauh ini, kata Waliyono, Disdik memang tidak bisa memaksa. Karena hal tersebut kewenangan di yayasan masing-masing sekolah. Tetapi saat ini ada beberapa sekolah yang sudah menyampaikan surat ke Disdik untuk mengikuti UNBK.

”Meskipun tidak ada batasan waktu mendaftar. Tapi lebih cepat lebih baik agar persiapannya makin matang,” tambahnya.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK SMP 2018 diperkirakan pertengahan April. “Belum bisa dipastikan tanggalnya karena masih menunggu Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UNBK,” ujarnya lagi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge