0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Tahun Politik, LBH Pers : Hoax Bakal Bermunculan

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — ┬áMemasuki tahun politik 2018 dan 2019, berita hoax dan ujaran kebencian diperkirakan bakal terus bermunculan. Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Pers, Nawawi Bahrudin meminta semua pihak bijak merespon berita yang muncul. Apalagi berita palsu.

“Akan banyak berita palsu di tahun 2018. Dan ada satu dan ada puluhan serta ratusan juta rupiah. Pemerintah perlu bijak dalam merespon hal ini,” kata Nawawi di Kantor LBH Pers, Jl Kalibata IV, Jakarta Selatan, Jumat (12/1).

Nawawi menyebut banyak pihak akan terkena dampak berita hoax. Salah satunya pekerja media. Oleh karena itu, pihaknya mendesak pemerintah juga memastikan perlindungan kebebasan pekerja media.

“Kami mendesak agar Presiden Joko Widodo untuk memastikan kebebasan pers dan kebebasan berekpresi di tahun politik untuk menjaga demokrasi,” ungkap Nawawi.

Jika masyarakat merasa dirugikan terkait pemberitaan, diharapkan tidak main hakim sendiri. Pihak yang merasa dirugikan disarankan menggunakan pendekatan UU Pers.

Untuk pekerja media, Nawawi juga mengingatkan agar selalu mematuhi kode etik jurnalistik yang berlaku. Pemilik media juga juga diimbau memberikan perlindungan kepada para jurnalisnya.

“Untuk para perusahaan media untuk berikan hak-hak terhadap para jurnalis dan pekerja sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan,” tegas Nawawi.

Tidak hanya itu, DPR juga diminta lebih teliti dan hati-hati membahas UU terkait dengan kebebasan pers. Karena kebebasan pers adalah syarat mutlak berdemokrasi.

“Kami juga mendesak Kapolri untuk mematuhi nota kesepahaman Kapolri dengan Dewan Pers dalam menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan media,” tuturnya.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge