0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

40 Calon Transmigran Menanti Jatah

Pelatihan kerja di BLK Karangpandan (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Minat warga Karanganyar bertransmigrasi cukup tinggi. Namun, jatah pemberangkatan dari pemerintah terbatas.

“Daftar tunggunya sekarang 40 keluarga. Kita tidak bisa menentukan sendiri kuota yang diberi pemerintah provinsi. Pada 2016 lima keluarga. Lalu 2017 tiga keluarga. Belum tahun berapa lagi jatahnya tahun ini untuk Karanganyar,” kata Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Karanganyar, Murseno, Jumat (12/1).

Selama dua tahun berturut-turut, transmigran asal Karanganyar diberangkatkan ke Provinsi Gorontalo. Tersedia daerah lain lokasi transmigrasi yakni Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

Sambil menunggu gilirannya, Disperindagkop memberikan pelatihan wirausaha mandiri bagi calon transmigran di daftar tunggu. Selain memberikan pelatihan kepada calon transmigran, Pemkab Karanganyar juga mengecek dan memastikan lokasi tujuan transmigrasi layak.

“Kalau tidak dipastikan dulu infrastruktur siap, mereka bisa pulang lagi ke kampuing halaman. Tanah rantau itu dipilihkan lokasi paling memungkinkan aliran listrik, transportasi, air bersih, pendidikan dan sebagainya,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge