0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Waduh! 25 Persen Printer E-KTP di Solo Rusak

E-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Solo – Tiga dari dua belas printer khusus E-KTP di Solo rusak sejak akhir Desember lalu. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tak bisa berbuat banyak karena printer tersebut tercatat sebagai aset Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sebenarnya kita bisa saja memperbaiki pakai anggaran kita. Tapi secara prosedur tidak boleh karena bukan milik Pemkot,” kata Kepala Seksi Identitas dan Pencatatan Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Subandi, Jumat (12/1).

Menurutnya, Pemkot telah menyurati Kemendagri terkait kerusakan printer tersebut kepada Kemendagri dengan harapan dapat segera diperbaiki atau mendapat ganti unit baru. Namun hingga saat ini, surat tersebut belum mendapat tanggapan sama sekali.

“Sementara ini kita terpaksa printer yang ada kita gilir ke kantor-kantor kecamatan,” kata dia.

Menurut subandi, 12 printer tersebut dipinjamkan kepada Pemkot Solo sejak awal bergulirnya program e-KTP 2012 silam. Lima printer dipasang di lima kantor kecamatan di Solo. Selebihnya dioperasikan di Kantor Dispendukcapil dan pelayanan administrasi kependudukan keliling.

“Sampai sekarang belum ada peremajaan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge