0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Defisit Ratusan Tenaga Kesehatan, DKK Rekrut Tenaga Kontrak

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Kota Solo kekurangan ratusan tenaga kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan tersbut, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo akan merekrut 80 Tenaga Kontrak Dengan Perjanjian Kerja (TKPK) tahun ini.

“Idealnya, kita butuh tambahan lebih dari 200 orang tenaga kesehatan,” kata Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih  dia saat berbincang dengan wartawan di sela peresmian Puskesmas Purwodiningratan, Jumat (12/1).

Sebagai solusi, sejak tahun 2017 lalu, DKK berupaya mempersempit kesenjangan antara kebutuhan dengan ketersediaan jumlah tenaga kesehatan dengan merekrut Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK). Meski telah merekrut sekitar 100 TKPK sepanjang tahun 2017 lalu, Ning -sapaan akrab Siti Wahyuningsih- mengatakan jumlah tersebut masih jauh dari ideal.

“Tahun ini kita mengajukan tambahan 80 dulu. Nanti kita evaluasi apakah perlu tambahan lagi atau tidak,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Kepala DKK, Sri Purwanti mengatakan saat ini tenaga kesehatan di Solo baru 625 personel. Jumlah tersebut mencakup dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan, apoteker, para medis maupun tenaga nonahli yang bekerja di bidang kesehatan.

“Itu yang berstatus ASN (Aparatus Sipil Negara). Belum termasuk TKPK,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge