0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kunjungi Al-Muayyad, Menlu Sampaikan Politik Luar Negeri Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengunjungi Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo (timlo.net/heru gembul)

Solo — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengunjungi Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo. Dirinya datang sekitar pukul 16.15 WIB, dengan disambut oleh ratusan santri pondok yang terletak di kawasan Mangkuyudan tersebut. Pengasuh Ponpes Al-Muayyad Rozaq Shofawi menyambut langsung kedatangan menteri Retno Marsudi. Setelah duduk sejenak, Retno Marsudi didaulat untuk berbicara dengan santri-santri yang serambi masjid Al-Muayyad.

“Kedatangan kami adalah untuk sedikit bertukar informasi, berkaitan dengan politik luar negeri Indonesia, dan apa yang bisa dilakukan santri terhadap politik luar negeri tersebut,” ungkap Retno yang disambut tepuk tangan semua yang hadir.

Retno mengatakan sejak tahun 2017 Indonesia telah membawa misi diplomasi terkait kemerdekaan Palestina dan kedamaian Arganistan di semua forum internasional. Selain itu, pada awal 2018 pemerintah Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah Filipina, khususnya di Filipina selatan, untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan.

“Kita bekerjasama dengan kerjasama-kerjasama seperti pertukaran kurikulum, pertukaran guru, bahkan pertukaran santri,” kata dia.

Retno berharap bahwa santri-santri bisa membantu pemerintah dalam upaya untuk membangun diplomasi dan citra di dunia internasional. Termasuk dalam menjalin kerjasama dengan negara-negara Islam dunia, guna melindungi kepentingan Ummat.

Dialog tersebut berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Retno juga menanggapi pertanyaan-pertanyaan santri terkait perkembangan politik dunia seperti isu Yerusalem dan Pestina serta Rohingya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge