0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

KPU Perpanjang Pendaftaran Cabup-Cawabup

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pendaftaran cabup-cawabup Karanganyar diperpanjang tiga hari, Senin-Rabu (15-17/1). Ini merupakan mekanisme baku KPU apabila hanya ada satu calon/pasangan calon pada pendaftaran 8-10 Januari 2018.

“Yang diusung parpol/gabungan parpol kemarin hanya satu pasangan saja sampai pendaftaran ditutup. Sesuai ketentuan, kami harus memperpanjang pendaftarannya selama tiga hari,” kata Ketua KPUD Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan, Jumat (12/1).

Delapan parpol pemenang pileg mengusung Juliyatmono-Rober Christanto dan menyerahkan syarat pendaftaran ke KPUD, Rabu (10/1). Delapan parpol tersebut menguasai 39 kursi dari total 45 kursi di DPRD. Untuk bisa mengusung sendiri calon atau pasangan calon, maka dibutuhkan minimal sembilan kursi parlemen. Sisa enam kursi dimiliki PKS yang mustahil bisa mengusung sendiri.

Mengenai hal itu, Sri Handoko tak menampik Pilbup Karanganyar kemungkinan hanya muncul pasangan calon tunggal. Pada pendaftaran calon perseorangan beberapa waktu lalu, tak satupun pendaftar memenuhi syarat dukungan. Artinya, Juliyatmono-Rober Christanto akan melawan kotak kosong pada pemungutan suara Juni nanti.

“Perpanjangan pendaftaran ini sebenarnya normatif karena tak akan ada lagi paslon yang didaftarkan parpol atau gabungan parpol di KPU. Tapi, kami harus melakukan tahapan ini,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge