0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jembatan Kreteg Abang Dibuka Lagi Khusus untuk Roda Dua

Pemasangan portal di Jembatan Kreteg Abang (doktimlo.net/setyo pujis)

Solo — Akses Jembatan Kreteg Abang, yang terletak di Jl Walanda Maramis Kampung Bibis Baru, Solo, kini dibatasi khusus untuk kendaraan bermotor roda dua. Pembatasan akses jembatan itu dilakukan lantaran kondisinya yang semakin memburuk karena berbagai hal.

“Tujuannya untuk mengamankan pengguna jalan. Karena kondisi jembatan ini secara kasat mata saja sudah kelihatan sangat riskan,” kata Kepala Bidang Perbaikan Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Solo, Sriyanto saat ditemui Timlo.net di lokasi, Jumat (12/1).

Pembatasan akses dilakukan DPU-PR dengan memasang portal batas ketinggian maksimal 2,5 meter. Tak hanya itu, di tengah portal dipasang tiga tiang besi untuk menghalangi mobil yang akan melintas. Portal tersebut dipasang di ujung utara dan selatan jembatan yang menghubungkan Bibis Wetan dan Bibis Kulon itu. Sebelumnya, jembatan ini sempat ditutup total.

Menurut Sriyanto, kondisi Jembatan Kreteg Abang sendiri telah menurun sejak enam bulan lalu. Kondisi tersebut semakin parah sehingga Agustus 2017 lalu, DPU-PR merekomendasikan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memasang barikade agar angkutan barang tidak bisa melintas jembatan tersebut.

Pada prakteknya, kendaraan angkutan barang masih saja melintas jembatan yang pilarnya ambles 20 cm itu. Bahkan Rabu (11/1) kemarin, barikade yang dipasang Dishub ditabrak truk pengangkut semen yang nekat melintas.

“Apalagi sekarang memasuki musim hujan. Arus sungai semakin deras. Jadi tambah bahaya,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge