0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kamis Petang, Gunung Agung Kembali Erupsi

Gunung Agung (merdeka.com)

Timlo.net — Gunung Agung setinggi 3.142 meter dari permukaan air laut (DPL) kembali mengalami erupsi, Kamis (11/1) petang. Letusan disertai kepulan asap tebal setinggi 2.500 meter keluar dari puncak kawah.

“Arah angin condong ke utara hingga timur laut. Teramati letusan dari CCTV Bukit Asah dengan tinggi kolom abu 2.500 meter di atas puncak. Kondisi saat itu hujan,” kata Nurul Husaeni petugas PVMBG di Pos Pengamatan Gunungapi Agung di desa Rendang Karangasem, Bali.

Ia juga melaporkan bahwa saat letusan terjadi kegempaan sekali dengan durasi 130 detik. Sedangkan hembusan asap yang dikeluarkan terekam sebanyak empat kali dengan durasi kecepatan mencapai 20-45 detik.

“Tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 1-13 milimeter (dominan 1 milimeter). Terekam gempa letusan pukul 17.54 WITA dengan amplitudo 27 milimeter dan lama gempa 130 detik,” tulisnya.

Hingga saat ini status gunung di Gumi Lahar Karangasem Bali ini masih pada level 4 atau awas. Rekomendasi masih tetap pada radius 6 kilometer masuk dalam zona rawan dari puncak kawah Gunung Agung.

Terkait letusan ini diimbau kepada masyarakat untuk selalu tetap waspada dan mengikuti petunjuk dan arahan dari petugas.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge