0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Beras Medium Alami Peningkatan Harga, Ini Langkah Pemkab

ilsutrasi (dok.redaksi)

Wonogiri — Diawal tahun, harga sejumlah bahan pokok di Wonogiri mengalami peningkatan harga. Salah satunya adalah beras. Harga dipasaran untuk beras jenis medium berkisar Rp 11 Ribu perkilonya.

“Berdasarkan hasil pantauan harga di sejumlah pasar pekan lalu, memang ada kenaikan harga untuk beras medium, kisaran Rp 10. 500 perkilo hingga Rp 11 ribu perkilonya,” papar Kabid Perekonomian Setda Wonogiri, Edy Tri Hediyanto, Kamis(11/1).

Pantauan harga beras, jelas Edy Tri, dilakukan di sejumlah pasar tradisional diantaranya pasar Baturetno, Pracimantoro dan Purwantoro beras medium berada diharga Rp 11 Ribu perkilo, sementara di pasar Jatisrono beras medium Rp 10.500 perkilonya.

“Itu memang kebiasaan di Wonogiri, diamana pada bulan Desember hingga Januari dan terjadi ketika Rastra belum disalurkan ada peningkatan harga beras medium. Padahal, panen MT1 diperkirakan jatuh pada bulan Maret, ” bebernya.

Sementara itu, lanjut dia, jatah beras sejahtera( Rastra) hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti jadwal pencairannya. Pihaknya pun berjanji bakal melakukan koordinasi terkait jadwal pencairan jatah Rastra tersebut.

“Baru tadi pagi kita dapat surat tembusan dari Bulog soal Rastra. Memang akan ada pencairan jatah Rastra untuk bulan Januari dan Februari tapi kapan waktunya belum tahu jadwalnya, entah di Januari atau dirapel di Februari kita belum tahu,” ungkapnya.

Ditambahkan, dengan ada surat tembusan dari Bulog, maka pihaknya secepatnya koordinasi untuk kesiapan ketersediaan beras digudang Bulog itu sendiri. Sehingga, Bulog pun dapat sesegera mungkin mengeluarkan jadwal pencairan jatah Rastra.

“Kita akan koordinasi dengan gudang karena kalau gudang tidak cukup (stok beras Rastra) kan pihak gudang dapat segera mendatangkan beras dari gudang lain untuk memenuhi kebutuhan Rastra di Wonogiri,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge