0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

121 Penyandang Cacat Berat Dijatah Stimulan Perawatan

Home visit penyandang sisabilitas (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Asistensi Sosial untuk Penderita Distabilitas Berat (ASPDB) pada program pemberian dana stimulan perawatan 121 penyandang cacat. Tujuannya memastikan dana telah diterima dan dibelanjakan sesuai ketentuan.

“Tahun ini, Karanganyar dijatah bantuan dari Kemensos untuk 121 penyandang cacat berat. Berupa uang tunai Rp 3 juta yang dicairkan dua tahap, yakni Rp 1,2 juta dulu baru kemudian Rp 1,8 juta. Pada tahun ini, jatahnya hanya 10 bulan. Per bulan Rp 300 ribu,” kata Kasi Rehabilitasi Dinas Sosial Karanganyar, Sulistyowati di sela home visit di Ngargoyoso, Kamis (11/1).

Dia menyebut terdapat 4.936 penyandang disabilitas di Karanganyar. Dari jumlah itu, 40 persen belum terkaver bantuan pemerintah.

“Itu karena keterbatasan anggaran. Untuk bantuan uang perawatan disabilitas berat saja, kita hanya mendapat kuota dari pemprov 121 orang. Mereka yang di daftar tunggu mendapat dilirannya ketika penerima reguler meninggal dunia. Tahun ini sembilan orang menggantikan yang meninggal,” katanya.

Sejauh ini tim Dinsos sudah melakukan home visit 50-an penerima bantuan uang perawatan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge