0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Klaten Berangkatkan 95 Tenaga Kerja ke Batam

Klaten — Sebuah perusahaan di Batam membutuhkan 400 calon tenaga kerja asal Klaten. Pabrik perangkat elektronik tersebut bakal menempatkan para pencari kerja pada posisi operator. Namun begitu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten baru bisa memenuhi seperempat kuota.

“Kebutuhannya sekitar 400 tenaga kerja untuk posisi operator. Namun baru bisa kita berangkatkan 95 orang,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja Dispenaker Klaten, Rinto Patmono, Kamis (11/1).

Dijelaskan, pendaftaran dan seleksi puluhan tenaga kerja didominasi lulusan SMK itu berlangsung tahun lalu. Untuk 50 tenaga kerja sudah diberangkatkan 2 Januari lalu. Sedangkan sisanya diberangkatkan pada 13 Januari mendatang.

Mereka akan menerima gaji sekitar Rp 3,5 juta dan fasilitas mess karyawan dengan masa kontrak dua tahun. Sedangkan biaya pemberangkatan gratis lantaran difasilitasi Disperinaker dan pabrik.

Saat ini, lanjut Rinto, Disperinaker tengah memberikan pembekalan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) berupa gambaran pekerjaan di pabrik elektronik, adat istiadat, dan sosial budaya lingkungan setempat.

”Materi OPP diharapkan membuat tenaga kerja lebih yakin dan betah hidup di Batam. Setelah diberangkatkan, kami juga tetap monitoring kegiatan mereka, apakah sesuai dengan kontrak untuk gaji dan fasilitasnya,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge