0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sekolah Ini Praktekkan Pemilu ala Muhammadiyah

Salah satu kandidat sedang kampanye penyampaian visi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Lima kandidat berlaga dalam pemilihan umum (Pemilu) ala Muhammadiyah yang digelar SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Solo, Kamis (11/1). Pemilu tersebut untuk memperebutkan posisi Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) masa bakti 2018 – 2019 sekolah tersebut.

“Tak seperti halnya sekolah lain, Pemilu berlangsung hanya melalui pemungutan suara. Pemilu ala Muhammadiyah ini juga dilakukan musyawarah yang melibatkan seluruh warga sekolah,” ungkap Wakil Kepala SMA Muhammadiyah PK Solo, Ganda Gunawan kepada wartawan, di sela-sela acara.

Ganda mengatakan, ideologi Muhammadiyah mengenal bermusyawarah untuk menentukan siapa kandidat yang layak menjabat sebagai Ketua IPM SMA Muhammadiyah PK. Oleh karena itu, pemilihan Purnanda adalah hasil musyawarah bersama dan hasil pemungutan suara.

Rangkaian pemilu, menurut Ganda, diawali dengan penyampaian visi dan misi para kandidat calon Ketua IPM. Usai penyampaian visi dan misi, pemilu dilanjutkan dengan pemungutan suara oleh seluruh warga sekolah. Pemungutan suara dilakukan dengan menganut asas jujur, adil, cerdas, dan bertanggung jawab. Teknisnya, seluruh warga sekolah menulis nama calon Ketua IPM dalam secarik kertas dan dimasukkan dalam kotak suara.

“Kemudian pemilu dilanjutkan dengan musyawarah bersama antara pengurus IPM dan guru pendamping untuk penentuan Ketua IPM,” jelasnya.

Pemilu dilakukan di sekolah merupakan pembelajaran bagi siswa untuk berdemokrasi. Selain itu, Pemilu di sekolah juga akan menumbuhkan kepekaan siswa terhadap berbagai masalah di lingkungannya. “Bukan menjadi orang yang apatis,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge