0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cacat Software WhatsApp, Orang Asing Bisa Masuk Grup Chat

WhatsApp. ( ubergizmo. com)

Timlo.net—Salah satu fitur WhatsApp adalah enkripsi end-to-end. Hal ini berarti pesan-pesan itu tidak bisa dibaca saat dikirim ke pengguna lain. Hal ini mnenyebabkan WhatsApp menjadi tempat aman bagi Anda untuk chat.

Akan tetapi menurut pemberitaan WIRED baru-baru ini, sebuah cacat ditemukan pada WhatsApp. Hal ini bisa mengizinkan orang tidak dikenal masuk atau menambahkan orang lain kepada grup chat pribadi. Penemuan ini diungkapkan dalam konferensi keamanan the Real World Cyrpto di Zurich. Cacat itu ditemukan oleh sekelompok kriptografer Jerman.

Hal ini memang terdengar menakutkan. Tapi hal ini hanya bisa terjadi jika seseorang memperoleh kontrol server WhatsApp. Tentunya WhatsApp punya fasilitas keamanan untuk mencegah hal ini terjadi. WhatsApp sendiri sudah mengkonfirmasi cacat itu. Tapi mereka juga berkata WIRED jika tidak ada seorang pun bisa menambahkan seseorang ke dalam sebuah grup chat tanpa sepengatahuan anggota lain.

“Para anggota yang sudah ada memperoleh notifikasi saat orang baru ditambahkan ke dalam grup WhatsApp. Kami membangun WhatsApp supaya pesan-pesan grup tidak bisa dikirim kepada pengguna tersembunyi. Privasi dan keamanan para pengguna kami sangatlah penting untuk WhatsApp. Itulah sebabnya kami mengumpulkan sangat sedikit informasi dan semua pesan terkirim dalam WhatsApp terenkripsi end-to-end,” ujar WhatsApp kepada WIRED.

Para peneliti juga mengaku sudah memberitahu WhatsApp tentang cacat itu. Tapi tanggapan WhatsApp itu jika bug undangan itu hanyalah masalah teoritis. Oleh karena itu, tidak masuk kualifikasi program pemburuan bug Facebook.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge