0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

2017, Penerimaan Pajak di Kanwil Jateng II Terealisasi 86,35 Persen

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Realisasi penerimaan pajak yang dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II selama periode 2017 tercapai 86,35 persen dari target. Kendati tidak mencapai target yang ditetapkan, namun capaian itu relatif bagus karena dianggap masih tumbuh jika dibanding tabun sebelumnya.

“Target penerimaan pajak kita untuk periode 2017, sebesar Rp 11,6 Triliun. Dan sampai akhir Desember kemarin realisasinya mencapai Rp 9,99 Triliun atau sekitar 86,35 persen dari target,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu kepada wartawan, Rabu (10/1).

Menurutnya, capaian penerimaan pajak yang ada wilayahnya itu menduduki peringkat ke 21 dari 33 Kanwil Pajak di Indonesia. Dari evaluasi yang dilakukan, selama periode tersebut pencapaian paling tinggi terjadi pada jenis pajak pertambahan nilai (PPN) impor. Dimana pertumbuhannya tercatat mencapai 47 persen, kemudian disusul PPN dalam negeri mencapai dengan pertumbuhan 28 persen.

“Sedangkan untuk pajak penghasilan tercatat minus hingga mencapai 79 persen. Alasannya pada periode 2016 ada program tax amnesty,” jelasnya.

Dari data yang tercatat, kontribusi penerimaan pajak terbesar berasal dari kantor pelayanan pajak Cilacap yang mencapai 95,37 persen. Kemudian disusul Temanggung 94,63 persen dan Karanganyar 94,63 persen.

“Kalau untuk pertumbuhan penerimaan pajak terendah terjadi pada KPP Surakarta, yakni minus 24,29 persen,” tandasnya.

Pihaknya juga menghimbau, kepada pelaku usaha yang memiliki omset diatas Rp 4,8 miliar pertahun supaya harus terdaftar sebagai pengusaha kena pajak (pkp). Bahkan untuk menggenjot penerimaan itu, mulai 1 April mendatang setiap transaksi yang dilakukan oleh industri diwajibkan untuk melampirkan nama lengkap dan NIK. Tujuannya untuk memastikan data dari wajib pajak yang bersangkutan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge