0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Klaim Kuasai Lahan Sriwedari

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajad (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota Solo mengklaim telah menguasai kembali tanah Sriwedari. Menyusul disusunnya panitia pembangunan Masjid Raya Surakarta di lahan bekas Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari.

“Semua sertifikat sudah kita pegang,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajad, Rabu (10/1).

Empat sertifikat tersebut, terang Yosca, Hak Pakai (HP) 40 yang saat ini digunakan Stadion Sriwedari; HP 41 di bekas Taman Hiburan Rakyat (THR), Kantor Dinas Pariwisata, serta Museum Radya Pustaka. Kemudian HP 26 yang saat ini digunakan untuk Museum Keris Nusantara, dan Hak Guna Bangunan (HGB) 73 digunakan untuk Bank Solo. Keempat sertifikat tersebut mencakup seluruh wilayah Sriwedari.

Saat ditanya mengenai putusan Mahkamah Agung terkait sengketa lahan Sriwedari, Yosca mengatakan Pemkot telah mengadakan eksaminasi putusan tersebut. Hasilnya, putusan MA dinilai melampaui perkara yang disengketakan (ultrapetita).

“Jadi yang disengketakan HP 40 tapi putusannya mencakup HP 40 dan 41,” terangnya.

Dari hasil eksaminasi tersebut, tim eksaminator yang terdiri dari 9 orang akademisi dan pakar hukum merekomendasikan Pemkot mengajukan permohonan HP 40 dan 41 kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Belakangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang memerintahkan kepada Kantor Wilayah BPN Jawa Tengah, dan diteruskan ke Kantor Pertanahan Solo agar menerbitkan HP 40 dan HP 41 untuk Pemkot Solo.

Mesi demikian, proses penerbitan HP 40 dan 41 ini pun  masih menyisakan tanya. Pasalnya, dua HP tersebut terbit tahun 2015. Beberapa saat setelah putusan MA yang memenangkan ahli waris atas Pemkot. Sementara eksaminasi baru dilaksanakan Pemkot 25-27 Juli lalu. Artinya, dua HP tersebut telah terbit sebelum Pemkot mengajukan permohonan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge