0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Diduga Adu Domba Polisi dengan Umat Islam, Seorang Netizen Ditangkap

(merdeka.com)

Timlo.net – Pemilik akun Facebook, Iwan Laut, ditangkap karena diduga menyebarkan kebencian melalui media sosial. Polisi menemukan kata-kata hoax yang memfitnah Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Yang bersangkutan ini menulis di Facebook-nya dan share ke grup yang pengikutnya ada sekitar 50 ribu follower dengan tulisan Kapolri seolah-olah di sana menyampaikan bahwa kalimatnya itu insyaAllah ke depan Polri akan lebih dipercaya oleh masyarakat daripada ulama,” kata Kanit II subdit II Cyber Mabes Polri, AKBP Irwansyah di Jakarta Pusat, Rabu (10/1).

Menurut Irwansyah, kalimat yang diposting itu dapat mengadu domba antara institusi Polri dengan umat Islam.

“Makanya kami segera melakukan tindakan, melakukan koordinasi dengan ahli, ternyata mengandung unsur dan segera melakukan penangkapan. Karena kami lihat juga dari postingan tersebut sautan-sautan dari grup ini sangat jelek sekali tanggapannya terhadap Polri,” ujarnya.

“Jadi itu dia semacam ada gambar bapak kapolri seolah-olah dia sedang menyampaikan pidato dan di situ dibuatkan tulisan,” tambahnya.

Lanjut Irwansyah, tersangka merupakan sebuah alumni dari aksi massa. Yang mana, tersangka membuat hal itu karena menganggap Tito telah memusuhi umat Islam dengan adanya kriminalisasi ulama.

“Di dalam pikiran dia Kapolri ini memang mengkriminalisasi ulama. Karena ada pemberitaan seperti itu yang langsung diusut. Ada unsur seolah-olah balas dendam kepada kepolisian,” ujarnya.

Meskipun telah dijerat Pasal 207, 156 atau 157, namun tersangka tidak ditahan. Namun dikenakan wajib lapor.

“Karena ancaman hukum dibawah 5 tahun,” jelas dia.

[ian]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge