0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Simpang Kota Barat Dipasang Rambu Portabel

Sejumlah petugas Dishub Solo memasang Apill portabel di simpang Kota barat, Rabu (10/1) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memasang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (Apill) portabel di Simpang Kota Barat, Rabu (10/1). Persimpangan tersebut sempat berjalan tanpa Apill sejak selesainya pelebaran Jl Dr Moewardi dan Jl Yosodipuro akhir 2017 lalu.

“Ini sifatnya sementara saja sambil menunggu dimulainya pengerjaan Fly Over (Manahan),” kata Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno saat ditemui di lokasi.

Satu unit Apill portabel dipasang di tengah simpang. Untuk sementara, Apill tersebut menggunakan catu daya dari aki di dalam kotak yang berada di bawahnya. Rencananya, Dishub segera mengambilkan daya dari papan reklame terdekat agar pasokan daya ke apill tidak terganggu.

“Pakai aki cuma tahan lima jam. Ini sedang kita carikan sambungan ke saluran listrik supaya tidak haru mengganti-ganti aki,” kata dia.

Dengan dipasangnya Apill portabel tersebut, pengaturan lalu lintas di Simpang Kota Barat sedikit berubah dibanding sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hanya ada sat Apill portabel untuk empat kaki simpang. Padahal sebelumnya, satu kaki simpang memiliki dua Apill. Sehingga arus kendaraan yang hendak berbelok dapat diatur terpisah dari arus kendaraan yang akan lurus.

“Dulu bisa hijau dua kali. Untuk kendaraan yang lurus dan yang berbelok bisa dibedakan. Sekarang karena hanya satu Apill, tidak bisa (dua kali),” kata Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo.

Ia merinci, untuk arus dari arah utara ke selatan diatur dengan durasi lampu hijau selama 18 detik, dari arah selatan 20 detik. Sementara arus dari tmur dan barat diatur dengan durasi 25 detik.

“Urutannya dari selatan, lalu utara, baru timur dan barat bersama-sama,” kata dia.

Sebelumnya, Simpang Kota Barat sempat berjalan tanpa lampu lalu lintas selama beberapa hari. Lampu yang sebelumnya terpasang dicopot karena terdampak proyek pelebaran jalan. Lampu yang sebelumnya terpasang dicopot karena terdampak proyek pelebaran jalan. Tanpa Apill, lalu lintas di kawasan tersebut jadi semrawut terutama pada jam-jam sibuk.

Dishub memasang lampu lalu lintas portabel lantaran pembangunan Fly Over di kawasan tersebut diperkirakan akan segera dimulai.

“Tidak kita pasang permanen karena nanti kalau fly over dibangun sama saja dibongkar lagi,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge