0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Cara Penyelundupan Sabu yang Berhasil Dibongkar

Petugas gabungan gagalkan penyelundupan sabu di Bandara Adi Soemarmo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Penyelundupan narkotika golongan I jenis methamphetamine atau lazim disebut dengan sabu ini dimasukkan ke dalam kardus. Usai dimasukkan ke dalam kardus ukuran besar, bagian atas kardus tersebut diisi dengan berbagai barang kebutuhan yang lain seperti pakaian, popok hingga makanan.

“Jadi, mereka memasukkan sabu kedalam kardus ukuran besar lalu ditindihi barang-barang yang lain untuk mengecoh petugas,” terang Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Tri Agus Heru dalam rilis kasus Penggagalan Penyelundupan Narkotika Golongan I Jenis Methamphetamine di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta, Rabu (10/1) siang.

Sebelum membawa kardus berisi sabu tersebut, kedua tersangka telah mengetahui kemana barang haram itu akan dikirimkan. Tak hanya itu, mereka juga diiming-imingi uang sebesar Rp 30 juta untuk membawa sabu tersebut jika sampai kepada tangan si pemesan. Lalu, keduanya berangkat dari Malaysia menuju Solo, Indonesia dengan ‘paket’ yang telah disiapkan tersebut.

“Untuk bekal perjalanan, masing-masing diberi uang sebesar Rp1juta. Setelah sampai kepada penerima, baru mereka diberi upah senilai Rp 30 juta untuk tiap orang,” jelasnya.

Dalam menjalankan aksinya, masing-masing tersangka membawa sabu seberat hampir 1 kilogram yang dimasukkan kedalam kardus. Ini dilakukan, untuk mengecoh petugas bandara yang melakukan pemeriksaan. Beruntung, keduanya berhasil ditangkap setelah melewati mesin X-Ray untuk mendeteksi barang bawaan penumpang pesawat.

“Dari tangan SRD, berhasil diamankan sabu seberat kurang lebih 970 gram. Sedangkan dari AMR kurang lebih seberat 972 gram. Jika ditotal, hampir 2 kilogram,” ungkapnya.

Terkait kasus tersebut, dua tersangka dijerat dengan Pasal UU No35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana seumur hidup

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge