0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

KPU Klaten Dorong Puluhan Ribu Warga Rekam E-KTP

Antrean pengambilan KTP elektronik (e-KTP) di Kantor Dispendukcapil Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten mendorong masyarakat agar segera melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP). Sebab pada 20 Januari mendatang sudah memasuki tahapan kegiatan mencocokkan data dengan teliti (Coklit) serentak.

“Nanti 20 Januari kami coklit kepada pemilih. Kami akan tanyakan apakah betul dia belum punya e-KTP. Nah nanti kami dorong agar mereka lakukan rekam data,” ujar Ketua KPU Klaten Siti Farida, Rabu (10/1).

Berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), kedua pihak selama ini selalu memperbaharui data pemilih paling mutakhir. Pasalnya, validasi pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jateng Juni mendatang mengacu e-KTP.

Farida menyebut, pada medio 2016 warga yang belum rekam e-KTP sekitar 120 ribu orang. Kemudian turun menjadi 90 ribu orang dan turun lagi menjadi 60 ribu orang.

“Kami memang ingin mendapatkan data valid dari Dispendukcapil. Namun Dispendukcapil tidak bisa mengeluarkan data by name kepada kabupaten, hanya rekapan. Berangkat dari data itu kami melihat ada sedikit potensi masalah yakni yang belum rekam e-KTP. Maka kami dorong yang penting rekam dulu,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge