0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sungai Walikan Menyimpan Cerita Ngeri

Tim Gabungan pencarian jasad korban hanyut di Sungai Walikan (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dibalik derasnya arus Sungai Walikan yang membentang membatasi daerah Wonogiri dan Karanganyar ini menyimpan sebuah mitos yang hingga sampai saat ini masih diamini. Terlebih lagi, hampir setiap tahunnya sungai itu memakan korban jiwa, entah hanyut ataupun mati tenggelam.

”Percaya ngga percaya sih, tapi memang setiap tahun pasti ada saja kejadian di sungai Walikan ini,” ungkap warga Timang, Wonokerto, Wonogiri, Wisnu, Selasa (9/1).

Menurut pria beranak satu ini, senjak dirinya tinggal di desa ini, hampir setiap tahun ada korban meninggal dunia di sungai tersebut. Sungai Walikan sendiri merupakan aliran sungai kecil yang bermuara di Sungai Bengawan Solo. Saat musim penghujan, arus sungai cukup deras dengan kanan kiri tebing dan bebatuan yang terjal.

“Ya, kadang hanyut dan juga tenggelam, seperti tahun lalu seorang pelajar SMP tewas tenggelam. Padahal setiap hari bocah itu sering mandi dikedung bersama anak-anak lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Wisnu mengatakan, derasnya arus sungai serta banyaknya bebatuan yang terjal menjadi salah satu penyebab angkernya sungai Walikan. Terlebih lagi, dialiran sungai itu terdapat sebuah cek dam. Dimana tepat di bawahnya ada sebuah kedung yang cukup dalam dipenuhi batuan yang berongga dan berlobang.

Dia menambahkan, setiap korban yang tewas dialiran sugai itu, jarang sekali dapat diketemukan dengan cepat. Menurutnya, upaya pencarian pasti memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Sehingga, muncul anggapan dari warga jika kejadian itu ada sangkutpautnya dengan hal-hal gaib. Seperti adanya penunggu makhluk halus atau jin penunggu sungai. Sehingga cerita-cerita berbau mistis ini pun turun temurun dan berkembang dikalangan masyarakat hingga saat ini.

“Aliran sungainya itu sendiri berliku-liku, kedungnya cukup dalam, apalagi batu-batu di dalam air itu sangat licin,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge