0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Awasi Pendaftaran Balon Bupati, Panwaslu Siagakan Personel

Ketua Panwaslu Karanganyar Kustawa Esye. (Raymond)

Karanganyar — Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karanganyar mensiagakan ratusan personel dan relawan demokrasi untuk mengawasi pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati karanganyar.

“Personel yang disiagakan diantaranya komisioner pengawas pemilu beserta staf Kabupaten Karanganyar, Panwascam dan Relawan Demokrasi,” kata Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa Esye dalam rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (9/1).

Relawan Demokrasi dilibatkan berasal dari berbagai kelompok masyarakat yang telah mendapatkan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif dan Bintek Pengawasan.

Berkait fokus pengawasan dalam tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kustawa Esye menjelaskan akan melakukan pengawasan secara langsung dan melekat. Pengawasan tersebut dilakukan kepada penyelenggara Pemilukada, KPU dalam memfasilitasi pendaftaran, penyediaan desk pencalonan dan layanan yang diberikan kepada Bakal Calon yang mendaftar.

Sedangkan pengawasan langsung dan melekat kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, diantaranya meliputi pemanfaatan fasilitas daerah, penyalahgunaan wewenang dan anggaran, serta mobilisasi ASN.

“Termasuk juga penggunaan metode publikasi, dalam proses pendaftaran. Baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial,” tegas Kustawa Esye.

Sebagaimana diberitakan, KPU membuka pendaftaran calon bupati wabup pada Pilbup 2018 pada 8-10 Januari 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge