0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jalur KA Cianjur-Padalarang Akan Dihidupkan Lagi

Kereta api (merdeka.com)

Timlo.net – Rel kereta api jalur Cianjur-Padalarang akan dihidupkan lagi. Rencana ini berhubungan dengan pembangunan rel ganda (double track) kereta Sukabumi hingga Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, reaktivasi jalur kereta api Cianjur-Padalarang sangat penting untuk menciptakan koneksi dan kontinuitas transportasi kereta api dari Bogor ke Bandung.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro mengungkapkan, saat ini rencana tersebut sedang dalam tahap Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan yang tengah dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero)Tbk.

“Sekarang sedang dalam FS. Dilakukan oleh PT PP karena kota berkolaborasi dengan BUMN juga,” kata Edi, di kantornya, Selasa (9/1).

Edi berharap, studi kelayakan bisa berlangsung cepat, sebab track Cianjur-Padalarang sendiri jalurnya sudah ada dan pernah digunakan.

“Mudah-mudahan cepat selesai karena tracknya sebenarnya sudah ada dari Cianjur-Padalarang,” ujarnya.

Jika jalur tersebut sudah dibuka kembali, nantinya penumpang dari Bogor yang hendak menuju Bandung menggunakan kereta api tidak perlu jauh-jauh lagi harus ke Stasiun Gambir yang berada di Jakarta Pusat. Penumpang bisa langsung naik kereta dari stasiun Bogor menuju Bandung via Sukabumi Cianjur.

“Saya berharap kalau perlu itu dari Bogor disambung sudah listrik (KRL). Itu ngangkutnya bisa lebih banyak lagi. Kita lihat hasil FS nya nanti.”

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge