0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

JK Kumpulkan Menteri Bahas Harga Beras

ilsutrasi (dok.redaksi)

Timlo.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah menteri. Ratas membahas soal pergerakan harga beras yang terus naik.

“Yang hadir menteri dan beberapa lembaga membicarakan tentang beras,” kata Darmin di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (9/1).

Sejumlah menteri yang hadir, meliputi Menteri yang tampak hadir adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Saat ini, harga beras memang bergerak naik. Melonjaknya harga beras dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya curah hujan yang tinggi.

Dalam rapat terbatas, diketahui bahwa Bulog terus melakukan operasi pasar meskipun tidak dilakukan secara besar-besaran guna mengendalikan harga beras.

Selain itu, kata Darmin, dalam ratas tersebut Amran Sulaiman memaparkan bahwa panen padi masih dilakukan namun hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Disebabkan musim hujan, hasil panen padi menurun.

“Dari laporan Mentan, gambaran yang kami peroleh adalah saat ini ada panen tapi memang karena ini musim hujan dan situasinya mungkin tidak sebagus yang diharapkan, tapi ada panen,” ujarnya.

Hasil ratas itu, Wapres JK dan sejumlah menteri memutuskan untuk menjalankan beras sejahtera (rastra) bulan ke-13. Selain itu, pemerintah juga memutuskan bahwa operasi pasar dari Bulog tetap dilakukan sehingga bisa menahan harga beras.

Pemerintah juga akan mengecek perkembangan tanaman padi di lapangan secara terus menerus.

“Kita perlu waktu 1 sampai 2 minggu ini untuk mengetahui seperti apa potensinya di Februari dan Maret,” ujar dia.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge