0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PAD Sektor Wisata Karanganyar Ditarget Rp 1,5 Miliar 

Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar menargetkan setoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata pada 2018 sebesar Rp 1,5 miliar, atau naik dari tahun sebelumnya Rp 700 juta.  

“Pada tahun 2017 tercapai 228 persen atau Rp 1,5 miliar, dari target Rp 700-an juta. Sehingga oleh tim anggaran disetujui target tahun ini Rp 1,5 miliar,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto kepada Timlo.net, Senin (8/1).

Sumber pendapatan itu diantaranya dari bagi hasil sah penjualan tiket masuk Grojogan Sewu, Candi Sukuh dan Candi Cetho, Sapta Tirta Pablengan, Museum Manusia Purba Dayu, dan tiket masuk ke Cemoro Kandang, Pringgondani serta Sekipan.

Fasilitas di obyek wisata itu tergolong kurang standar, sehingga dibutuhkan pembenahan untuk menunjang perolehan target PAD. Sejauh ini, setoran rutin ditopang bagi hasil penjualan tiket masuk Grojogan Sewu Rp 500 juta-Rp 600 juta pertahun. Ia tak menampik setoran PAD sektor wisata dinakkan untuk memenuhi kewajiban kerjasama pengelolan Pemkab dengan Perhutani. 

“Sekitar 35 persen pendapatan kotor dari penjulan tiket masuk Cemoro Kandang, Pringgondani dan Sekipan harus disetor ke Perum Perhutani,” katanya seraya menyebut tiket masuknya Rp 15 ribu per orang. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge