0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Berbekal Sertifikat Organik, Poktan Ekspansi Pasar

Ladang pertanian organik milik Poktan Sumber Mulyo, Nglebak, Tawangmangu (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kelompok tani (Poktan) Sumber Mulyo Nglebak, Tawangmangu dan Poktan Pandan Sari Desa Pendem, Mojogedang mengantongi sertifikat organik hasil buminya. Pengakuan tersebut membuka kesempatannya menjual hasil bumi ke pasar lebih potensial.

“Rencananya mau menjaul ke mal di area Soloraya dulu. Dengan sertifikat ini, kerjasama penjualan lebih lancar. Mereka mempercayai hasil bumi kami terjamin kualitasnya,” kata Ketua Kelompok Tani Sumber Mulyo Nglebak, Tawangmamgu, Karanganyar, Hartono kepada Timlo.net, Minggu (7/1). 

Kelompok tani ini mengantongi mengajukan sertifikasi sejak 2016 dan baru mendapatkan status itu di akhir 2017. Seluruh hasil bumi di ladangnya kini terekomendasi, seperti ketela kuning jenis Prambanan dan Manohara; sayuran jenis seledri, wortel, kubis, mentimun dan cabai.

Ketua Poktan Pandan Sari, Sumarno menuturkan, proses penyertifikatan lama dan mengalami sejumlah kendala. Sebanyak 30 petani yang tergabung dalam Poktan mendapatkan pembinaan. Menurut Sumarno, kendala utama adalah kerukunan antarwarga, kebersihan lingkungan dan sanitasi air.

“Kami punya lahan sepuluh hektare milik 30 orang. Kami menggarap padi organik selama lima tahun. Kendala menyadarkan anggota mengenai sanitasi, kerukunan, dan penggunaan pupuk kompos. Agak susah dan unik,” kata Sumarno. 

Pihaknya juga menjajaki kerjasama penjualan sayuran, beras dan buah-buahan organik di pasar modern area eks Karesidenan Surakarta. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge