0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Militer AS Kembangkan Simulator VR Penembakan di Sekolah Untuk Guru

Simulator VR penembakan di sekolah. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Penembakan di sekolah adalah sebuah kenyataan yang menyedihkan di Amerika Serikat (AS). Untuk menolong para guru dengan efektif menangani kejadian seperti ini dalam kehidupan nyata, militer AS dan Departemen Keamanan Dalam Negeri mengembangkan sebuah simulator penembakan sekolah dengan virtual reality. Simulator itu bisa dimainkan beberapa orang dengan peran sebagai guru, penegak hukum dan bahkan sang penembak. Ide di balik proyek ini adalah untuk menolong para guru dengan tenang menghadapi situasi jika terjadi penembakan di sekolah mereka.

Proyek itu dikembangkan berdasarkan simulator multi guna Enchanced Dynamis Geo-Social Envinroment. Simulator itu dikembangkan oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Simulator tersebut sebelumnya dikembangkan untuk responden pertama penembakan massal tahun lalu.

Simulator penembakan sekolah akan mengajarkan apa yang harus dilakukan para guru. Misalnya mengunci pintu dan memerintahkan para murid mengikuti guru atau mencari tempat bersembunyi. Para guru harus berhadapan dengan anak-anak virtual yang mungkin menangis atau dalam kondisi syok. Mereka juga harus mendengarkan arah suara tembakan untuk menentukan lokasi penembak.

Juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri John Vericco mengkonfirmasi jika simulator itu tidak akan dirilis untuk umum. Tapi hanya akan tersedia untuk responden pertama dan sekolah, tulis Ubergizmo. Peran penembak akan diperankan oleh responden pertama atau petugas polisi. Tujuannya supaya lebih realistis dibandingkan jika diperankan oleh Artificial Intelligence (AI) terprogram.

John juga menegaskan jika simulator itu bukanlah permainan jadi tidak ada menang atau kalah di dalamnya. Simulator itu bisa digambarkan sebagai latihan keamanan virtual. Para guru diharapkan memiliki keterampilan menghadapi situasi serupa setelah menggunakan simulator itu.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge