0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PMB UMS Tembus 1.000 Pendaftar

Calon mahasiswa UMS sedang melakukan seleksi dengan mengerjakan soal menggunakan computer base test (CBT) (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Belum genap sepuluh hari waktu pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dibuka tanggal 2 Januari 2018 hingga saat ini, pendaftar telah menembus angka 1.000 calon mahasiswa. Bahkan pendaftar yang melakukan registrasi telah menembus angka 100 calon mahasiswa.

Update hingga saat ini pendaftar UMS telah tercatat mencapai 1.450 peminat,” ungkap ungkap Ketua PMB UMS tahun 2018 Triyono kepada Timlo.net, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (9/1).

Triyono mengemukan, pendaftar Fakultas Kedokteran seperti halnya tahun-tahun sebelumnya diperkirakan tetap paling tinggi jumlahnya dibanding program studi (Prodi) lainnya.  Peminat Prodi Kedokteran kali ini kendati baru delapan hari sejak dibuka pendaftaran telah menunjukkan angka sekitar 450 pendaftar.

“Berdasarkan data, ada lima pendaftar Kedokteran yang lolos seleksi sudah melakukan regristasi,” ungkapnya.

Menurut Triyono, peminat tertinggi tahun 2018 ini tidak jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yakni selain Prodi Kedokteran, peringkat selanjutnya adalah Farmasi, Manajemen, Psikologi dan Akuntansi. “Sedang Prodi lainnya umumnya merata,” ujarnya.

Diperkirakan pendaftar pada PMB UMS 2018 akan meningkat berkisar sekitar 26 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perkiraan kenaikan ini berdasarkan kecenderungan tahun-tahun sebelumnya yang menunjukan kenaikan dari tahun ketahun sekitar 26 persen. “Tahun 2017 kemarin saja tercatat ada sekitar 46.000 peminat yang mendaftar pada PMB UMS tahun 2017,” jelas Triyono.

Untuk target calon mahasiswa yang bakal diterima pada PMB 2018 ini, menurut Triyono, antara 7.500 hingga 8.000 calon mahasiswa yang bakal direkrut melalui seleksi one day service (ODS). Dengan sistem ODS, pendaftar UMS bisa lebih efektif dan efisien waktu.

“Karena dalam sehari, pendaftar datang mendaftar, seleksi dan pada hari itu juga hasil seleksi diumumkan. Sehingga bisa diketahui lolos atau tidaknya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge