0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Operasi Pasar, Beras Medium Dijual Rp 9.300 per Kilogram

Operasi Pasar (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah bersama Bulog melakukan operasi pasar untuk komoditi beras jenis medium. Operasi pasar tersebut merupakan operasi lanjutan sejak November 2017.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, beras medium seharga Rp 9.300 per kilogram (Kg) tersebut langsung diantarkan Bulog ke distributor untuk kemudian disebarkan ke pasar. Tujuan operasi pasar tersebut untuk menekan disparitas harga yang terjadi beberapa waktu belakangan.

“Dengan dikucurkannya beras itu, kita akan lihat harusnya harga langsung akan turun. Apabila masih tidak turun, akan kami cek betul dari atas sampai bawah. Kami akan lihat penyebab disparitas harga yang tinggi,” ujar Menteri Enggar di Gudang Perum Bulog, Jakarta Utara, Selasa (9/1).

Menteri Enggar mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi pasar. Operasi pasar akan dihentikan apabila harga dan kebutuhan telah stabil.

“Kalau ditanya kapan berhenti, kita akan lakukan terus. Berapa pun yang dibutuhkan kita siap, sampai harganya stabil, HET kan Rp 9.450,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan operasi pasar hari ini disebarkan ke 1.800 titik pasar tradisional. Sejak 1 Januari, jumlah yang disalurkan sebanyak 13.000 ton per hari. Jumlah ini dapat bertambah sesuai kebutuhan pasar yang meningkat.

“Sekarang disebarkan ke 1.800 titik pasar tradisional di seluruh Indonesia. Sejak 1 Januari 2018, sejak diinstruksikan, maka sudah ditambah jumlah yang disebarkan per harinya sebanyak 13.000 ton. Ini untuk diguyur ke pasar agar suplai beras menjadi seimbang dan kembali kepada harga yang kita harapkan bersama,” tandasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge