0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Inilah Tahun Terpanjang Dalam Sejarah

Stopwatch. (pammarketingnut.com)

Timlo.net—Pada 1972, Richard Nixon menjadi presiden Amerika Serikat (AS). Selain itu Eugene Cernan menjadi manusia terakhir yang berjalan di bulan. Film “The Godfather” menang nominasi “the Academy Award for Best Picture”. Tapi salah satu hal yang paling diingat adalah 1972 menjadi tahun terpanjang di dalam sejarah. Tahun itu melebihi tahun-tahun lainnya hanya dengan selisih dua detik, tulis Reader’s Digest.

Jadi bagaimana hal ini terjadi? Tahun 1972 adalah tahun lompatan, berarti ada tambahan 24 jam dibandingkan tahun lain. Selain itu, ada lompatan dua detik. Satu detik ditambahkan pada 30 Juni dan satu detik lainnya ditambahkan sebelum pukul 19:00 EST pada 31 Desember. Para penjaga waktu di dunia menghormati lompatan detik dan menyesuaikan jam mereka sebagai bagian dari persetujuan internasional, tulis the New York Times.

Alasan adanya lompatan detik itu serupa dengan alasan adanya lompatan tahun. Untuk menyesuaikan waktu astronomikal, yang ditentukan oleh rotasi Bumi yang tidak teratur dengan Coordinated Universal Time (UTC). Sejak sistem itu diterapkan pada 1972, 27 lompatan detik telah ditambahkan. Lompatan detik terbaru ditambahkan pada 31 Desember 2016.

Contoh penambahan lompatan detik pada malam tahun baru terlihat seperti berikut:

31 Desember 2016, 23 jam 59 menit 59 detik

31 Desember 2016, 23 jam 59 menit 60 detik

1 Januari 2017, o jam o menit o detik

Sekarang ini, setiap lompatan detik biasanya diumumkan enam bulan sebelumnya oleh the International Earth Rotation and Reference System Service. Hal ini Anda memiliki banyak waktu untuk memutuskan apa yang Anda lakukan dengan tambahan detik itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge