0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rentenir Merajalela di Pasar Gondang, 13 Kios Berpindah Tangan

Pasar Gondang (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Warga Kecamatan Gondang, Sragen diresahkan dengan kehadiran rentenir atau lintah darat yang banyak berkeliaran di Pasar Gondang. Banyak laporan masyarakat yang disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sragen terkait praktek lintah darat tersebut. Diperkirakan jumlah mereka mencapai puluhan dan menjadikan pedagang pasar sebagai target operasinya.

“Yang pasti kehadiran mereka telah meresahkan karena bikin sengsara pedagang Pasar Gondang dan warga lainnya,” ujar Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto, Senin (8/1).

Bambang mengungkapkan, akibat praktek rentenir tersebut sudah ada sekitar 13 pedagang yang kiosnya hilang pindah ke tangan rentenir lantaran tidak bisa bayar hutang. Keberadaan mereka sudah sangat meresahkan sehingga membuat para pemangku kebijakan di Kecamatan Gondang mengadakan pertemuan khusus bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, karang taruna dan pihak Pasar Gondang untuk membahas masalah tersebut.

“Pertemuan difasilitasi oleh Polres Sragen. Dan sejak tanggal 5 Desember lalu berhenti sampai akhir Desember. Tapi baru beberapa hari lalu rentenir itu beroperasi lagi dan menimbulkan gejolak masyarakat,” papar politisi dari Partai Golkar tersebut.

Karena masih nekat beroperasi, pada Sabtu (6/1) lalu, digelar pertemuan untuk kedua kalinya membahas masalah sama dan menghasilkan lima item yang intinya Pasar Gondang harus bebas dari rentenir. Salah satunya terhitung 13 Januari mendatang Pasar Gondang harus benar-benar bersih dari lintah darat.

“Kalau sampai ada yang masih operasi akan dihentikan oleh  masyarakat dan disetrahkan kepada pihak yang berwajib untuk diproses hukum,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge