0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Haul Habib Ali, Perputaran Uang Diprediksi Capai Ratusan Miliar

Haul Habib Ali (timlo.net/heru gembul)

Solo – Perputaran uang selama acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi yang berlangsung pada Senin-Selasa (8-9/1) diproyeksikan mencapai angka ratusan miliar Rupiah. Tingginya jumlah uang yang beredar itu didasarkan pada banyaknya tamu yang berkunjung dalam acara tersebut.

“Kalau perkiraannya tamu yang datang sekitar 100 ribu hingga 150 ribu, dengan spending money sekitar Rp 1 juta-1,5 juta per orang.  Berarti sudah ada sekitar Rp 150 Miliar hingga Rp 225 Miliar,” ujar Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo, Daryono kepada wartawan, Senin (8/1).

Dengan tingginya perputaran uang tersebut, menurutnya pelaksanaan Haul Habib dapat menjadi angin segar bagi sejumlah pelaku bisnis di Solo. Terutama dari bisnis perhotelan, kuliner, fashion hingga pemilik rental kendaraan. Terlebih haul merupakan salah satu wisata religi, dimana biasanya para jamaah yang berkunjung tidak akan terlalu mempertimbangkan uang yang dikeluarkan.

“Jadi meskipun hanya beberapa hari, tapi even ini dipastikan bisa mendongkrak sector perekonomian kota Solo,” jelasnya.

Daryono juga menyampaikan, dengan munculnya beragam destinasi wisata baru di Solo belakangan ini, juga dianggap dapat membuat lama tinggal yang dilakukan para jamaah haul lebih lama.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge