0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satbinmas Polres Karanganyar Berhasil Selamatkan Pariyem

AKP Suwarsi menyisir rambut Pariyem setelah memandikannya (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Satbinmas Polres Karanganyar berperan penting dalam penyelamatan wanita penghuni kurungan asal Desa Dagen, Pariyem. Para petugas berhasil meyakinkan keluarga wanita itu supaya membebaskannya dan menjalani terapi kejiwaan di RSJD Surakarta.

“Baru kemarin diberi tahu ada wanita dikurung. Langsung kami melibatkan kades, camat, puskesmas, dinas sosial dan Satpol PP membantu mengevakuasinya,” kata Kasat Binmas Polres Karanganyar AKP Suwarsi kepada wartawan, Senin (8/1).

Dirinya meyakinkan keluarga Pariyem bahwa terapi kejiwaan di RSJD bakal ditanggung biaya oleh Pemkab Karanganyar. Sebelumnya, keluarga terkesan menolak hal itu karena khawatir tak sanggup membiayai. Suwarsi bersama anggota melihat kondisi wanita usia 60 tahun itu memprihatinkan. Ia dikurung di ruangan tanpa penerangan dan pengab selama lima tahum terakhir di rumahnya, Celep Lor Desa Dagen, Jaten.

Ruang berukuran 3X4 meter persegi itu sangat kotor. Petugas mengeluarkan Pariyem dari tahanan rumahnya lalu membersihkan tubuhnya. Ia diberi pakaian daster dan rambutnya disisir. Sebelum membawanya ke RSJD, Pariyem dipandu pamit ke ayah ibunya, Wiro Satimin dan Sulinem (80). Setelah itu Pariyem dinaikkan ke mobil backbone Polsek Jaten.

“Kami sangat berterima kasih dukungan Dinas Kesehatan dan Pemkab Karanganyar. Ibu Pariyem tidak sepatutnya dikurung. Ia harus mendapat pengobatan. Kasihan dia,” katanya.

Camat Jaten Aji Pratama Heru K mengatakan keberadaan Pariyem yang memprihatinkan telah diketahui. Namun untuk membebaskannya dari ruang isolasi terhambat sikap keluarga.

“Keluarga tidak mengijinkan. Diharapkan dengan membawanya ke RSJD, ia bisa sembuh,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge