0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tidur Kurang Dari 8 Jam Bisa Picu Gangguan Pikiran

Tidur. (DailyMail.)

Timlo.net—Sebuah penelitian baru mengungkapkan jika tidur kurang dari delapan jam bisa membuat orang mengalami pikiran yang mengganggu dan berulang. Gejala ini umumnya dialami mereka yang menderita kegelisahan dan depresi.

Penelitian itu dilakukan oleh tim dari Binghamton University. Mereka menguji waktu dan durasi tidur pada orang-orang yang menderita pikiran negatif berulang dalam tingkat tinggi. Misalnya terus berpikiran soal apakah mereka sudah mengunci pintu atau mematikan kompor. Juga terus memikirkan hal memalukan yang dilakukan hari itu.

Para peserta penelitian ditunjukkan beragam gambar berbeda. Tujuannya untuk memicu respon emosional. Para peneliti lalu melacak perhatian peserta lewat gerakan mata. Mereka menemukan jika tidur kurang atau terganggu membuat seseorang susah mengalihkan perhatian dari sebuah gambar yang memberikan mereka perasaan negatif. Hal ini bisa berarti saat Anda kurang tidur, Anda cenderung mengizinkan pikiran negatif tertanam dalam otak dan mengulangnya tanpa henti.

Tidur delapan jam tidak akan menghilangkan pikiran negatif ini sepenuhnya, tulis Metro.co.uk. Tapi mempermudah kita untuk mematikan pikiran itu. “Kami menemukan jika orang-orang dalam penelitian ini memiliki kecenderungan untuk memiliki pikiran yang tertanam dalam kepala mereka, dan pikiran negatif mereka mempersulit mereka untuk lepas dari rangsangan negatif yang kami berikan,” kata Profesor Psikologi Meredith Coles.

“Saat orang lain bisa menerima informasi negatif dan mengabaikannya, para peserta memiliki masalah mengabaikannya,” tambah Meredith.

“Kami menyadari jika seiring waktu hal ini mungkin penting—pikiran negatif yang berulang ini relevan dengan beberapa gangguan berbeda seperti kegelisahan, depresi dan banyak hal lainnya,” terang Meredith.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge