0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Persilakan Korban Hannien Tour Ambil Paspornya

Korban biro perjalanan umroh, Hannien Tour lapor ke Mapolresta Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ratusan paspor yang diamankan Satreskrim Polresta Solo usai membekuk empat tersangka kasus penipuan dan penggelapan PT Usmaniyah Hannien Tour saat ini tengah disortir. Dari upaya yang dilakukan tersebut, ada 50 paspor milik calon jamaah umroh asal Kota Solo.

“Yang dari Solo ada 50 paspor. Sisanya ada yang dari Jawa Barat, Jawa Timur dan masih banyak yang lain,” terang Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi, Senin (8/1) siang.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan terhadap tersangka, kata Kasat, sebagian paspor milik korban lainnya masih dibawa oleh pihak ketiga seperti jasa transport, katering hingga maskapai penerbangan. Tersangka, juga meminta bantuan kepada pihak ketiga untuk melakukan pengurusan paspor perjalanan ibadah umroh para calon jamaah.

“Paspor itu diberikan, setelah tersangka (Farid —Red) melunasi biaya jasa pembuatan. Tetapi, setelah kasus ini mencuat nasib dari paspor tersebut juga tidak jelas,” kata Kasat.

Terkait paspor milik warga Solo yang telah disortir tersebut, pihak kepolisian membuka pintu lebar jika para korban menghendaki untuk mengambil dan digunakan sebagai surat pelengkap keberangkatan umroh.

“Jadi kemarin, ada salah seorang korban yang mengajukan untuk meminjam paspor tersebut kepada kami. Korban tersebut akan berangkat melalui biro lain, tapi berhubung paspornya sudah ada (jadi barang bukti di Mapolresta Solo) dapat digunakan terlebih dahulu. Setelah selesai umroh, dapat dikembalikan sebagai barang bukti,” terangnya.

Meski begitu, lanjut Kasat, pihaknya tidak dapat menyerahkan secara langsung. Nantinya, paspor tersebut akan diserahkan ke Polres tempat korban berada untuk diambil disana.

“Ada prosedurnya, tapi bisa di-‘bon’ (dipinjam) sementara,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge