0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Temuan Fosil di Planet Mars Kejutkan Ilmuwan

Foto yang diduga memperlihatkan fosil jejak di Mars. (dailystar.co.uk)

Timlo.net—Temuan sebuah rover NASA di Mars menimbulkan kehebohan. Robot kendaraan penjelajah ruang angkasa yang bernama Curiosity itu menemukan fos, ujar ilmuwan Barry DiGregorio. Barry, seorang peneliti dari the University of Buckingham, Inggris berkata, “Mereka terlihat sama dengan fosil jejak Ordovician yang telah saya pelajari dan foto di sini di Bumi. Jika bukan fosil jejak, penjelasan geologi lain apa yang akan diberikan NASA?”

Foto-foto yang diduga fosil jejak itu direkam dengan MAHLI, kamera warna yang dipasang di atas kendaraan ruang angkasa itu. Foto-foto itu diambil pada awal 2018 dan digambarkan sebagai sesuatu yang unik oleh ilmuwan proyek Curiosity.

Fosil jejak adalah tanda-tanda kehidupan masa lalu. Jejak itu bisa berupa sisa tubuh makhluk hidup atau benda yang ditinggalkan makhluk itu. Ashwin Vasavada berkata benda yang ditemukan itu memiliki lebar antara 1 hingga 2 mm. Panjang maksimal sekitar 5 mm.

Dia berkata kepada Space.com jika dia tidak akan mengesampingkan kemungkinan benda yang ditemukan adalah fosil jejak. Ashwin menambahkan, “Mereka begitu kecil. Mereka cukup unik, melihat fakta jika kita tidak tahu mereka di sana sehingga kami pikir kami harus kembali. Jika kami melihat lebih banyak, maka kami bisa berkata jika ini adalah sebuah proses penting yang terjadi di Vera Rubin Ridge.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge